April 19, 2018

5 Lokasi Wisata Yogyakarta yang Instagramable dan Murah




                   Selamat sore! Kalau denger kata Jogjakarta pasti udah kebayang serunya liburan, bakpia enak, candi, kuliner murah, Malioboro dll Aku baru pulang dari Jogjakarta 2 hari lalu sama teman-teman. Maka dari itu masih segar dan hangat rasanya kalau aku kasih rekomen 5 Lokasi wisata Jogja yang Instagramable. Semua lokasi wisata ini tiket masuknya murah bahkan gratis. Parkir mobil juga paling sekitar 5.000 rupiah aja. Siapa tau bisa jadi inspirasi kalian berlibur. Langsung sajaaaa~

1. Tebing Breksi



                  Jadi ini adalah tebing yang bisa naik ke paling atas dengan banyak anak tangga. Nah disisi anak tangganya ada spot foto ukiran wayang di tebingnya. Ada juga burung hantu yang dieksploitasi bisa bayar seikhlasnya untuk foto bareng. Tapi aku gak foto bareng sih abis kasian. Jadi cukup lihat aja. Disisi tebing dekat parkir mobil ada amphitheatre yang bisa dijadikan tempat event musik atau gathering berbagai komunitas. Kebetulan pas aku datang lagi ada event jadi pengunjungnya ribuan. Bayar retribusi parkir cuma 5000 saja permobil.

2. Jurang Tembelan


                Jurang ini memiliki ciri khas spot foto yang berupa perahu. Perahunya ada 4 ada yang maksimal 2 orang ataupun 3. Ini bawahnya langsung jurang. Pas pertama naik NGERI LHO! karena bambunya berderik gitu kalau diinjak kan. Aku datang siang pas masih terik jadi gak ada antrian. Kalau sore disini pasti ramai dan nganti. Di dekat spot foto ini ada banyak warung-warung rokok dan indomie. Bukan restoran komersil ya.


2. Situs Warungboto 



               Kalau Situs Warungboto adalah monumen kuno yang dulunya adalah pemandian raja. Cuma sekarang sayangnya sudah gak berfungsi pemandiannya. Ke lokasi ini agak sulit karena gak berada di tepi jalan besar. Mesti masuk gang, mobil sih muat cuma agak mepet. Disini banyak rombongan turis lokal yang berfoto. Jadi agak susah-susah gampang untuk dapat clear shot tanpa background orang lain di belakangnya. Seperti banyaknya bangunan kuno, tempat bersejarah ini banyak ditumbuhi lumut. Jadi memang perlu sedikit skill editing foto kalau mau bikin hasil foto disini tampak "bersih" dari lumut. Tapi bentuk bangunannya memang bagus dan bersih dari sampah.

3. Hutan Pinus Mangunan

 

 

                         Hutan Pinus Mangunan ini ramai wisatawan lokal. Biaya retribusi perorang cuma Rp 2500 aja. Disini disediakan ayunan berbahan kain yag diikat diantara pohon pinusnya. Ada bagian yang pohonnya jarang dipakai beberapa anak kecil bermain bola. Disini teduh dan adem. Ke area jogja yang area gunung jangan naik mobil matic ya. Menurutku ini cocok untuk spot foto OOTD ataupun buku tahunan. Pepohonan pinus yang asri dan suara serangga-serangga bikin betah. Tapi sayangnya aku gak bisa stay disini lama-lama karena harus berpindah-pindah ke lokasi wisata lain.

 


4. Gumuk Pasir, Parang Tritis.


              Buat pertama kalinya aku coba sandboarding alias berselancar di atas pasir. Di asia tenggara cuma ada satu ini di Jogja. Nama tempatnya Gumuk Pasir. Sewa papan seharga Rp 100.000 (april 2018) tapi bisa dipakai satu grup. BERAPA ORANG PUN! gak dibatasi dan waktu pakainya juga gak dibatasi. Sampe kering saaaay~ PANAS BANGET DISINI. Tapi benar-benar seru. Treknya ada 3 turunan. Dari landai, medium, dan curam. Nanti ada satu instrukurnya yang mengajarkan sekaligus dia bantu mengoles wax ke bagian bawah papan seluncurnya. Supaya licin. Jadi dia ikutin aku dan teman-teman aku. Orangnya ramah dan gak bosan-bosannya mengajari. Selain bagus buat foto OOTD bisa coba aktifitas baru! 2 in 1 kan. Kalau mau foto prewedding BISA JUGA! Jadi 3 in 1 hahahaha Tarik maaang~


5. Arung Jeram Goa Kalisuci, Gunung Kidul

 Ini tempat no 1 favorit aku di jogja. Dear Pasar Malioboro kamu telah tergantikan. Kita sudahi saja hubungan kita bang Mali hehehe Kalau ini tempat rafting alias arung jeram namanya Kalisuci berlokasi di Gunung Kidul. Akses mobil kesini GAK BISA PAKAI MOBIL MATIC YA. at least avansa atau setara. Gak mesti harus jeep juga. Biaya rafting perorang Rp 75.000 durasi satu jam (rate april 2018). Yang di sewakan yaitu peralatan standart safety kit (helm, life vest, pelindung siku, pelindung lutut dan ADA LOKER JUGA. Aman! Gua taruh HP di loker gak ilang bro.

Jadi pergrup turun 6 orang. Kalau jumlah kamu kurang tetap bisa akan digabung dengan pengunjung lain. Tenang. Akan ada 4 pemandu yang turut basah-basahan say. Kedalaman sungai 1-3 meter. Tapi lebih banyak yang dangkal kok. Aku gak bisa berenang dan aku selamat. Ini pengalaman rafting pertama aku. Rasanya ketagihan menyusuri sungai, masuk goa. SERU DEH! Meskipun naik tangga pas sesudah selesainya lumayan pegel juga. Cuma buat kalian yang suka mencoba hal baru, atau bosan ke Candi Borobudur kayak aku, patut deh coba rafting ini. Terjangkau lah Rp 75.000. Di Jakarta aja nonton di mall pas weekend 75.000 bro.

 Pemandunya mengarahkan kita bikin pose ber 6 ini.


Mas Wahyu (salah satu pemandu rafting grup kami)


                  Ini spot finishnya. Dibatasi batu besar yang melintang. Sungainya masih berlanjut ke dalam goa di belakang aku. Tapi kata pemandunya disitu ada pusaran air. Jadi gak aman untuk rafting lewat situ. Selama satu jam itu naik ban hitam besar. 1 ban untuk 1 orang. Bisa berdiri juga tanpa ban karena banyak bagian sungai dangkal. 1 jam itu termasuk foto-fotonya. Sesudah selesai di lokasi ini ada kamar mandinya, tempat karaoke terbuka, dan warung indomie. Terus di kios dekat meja beli tiket ada jual plastik anti air yang buat masukin HP seharga 15.000 aja. Jadi bisa tetap NARSISSSS meskipun masuk ke sungai.



 So that's all. Yang terakhir ini tempat random yang tadinya aku kira kebun bunga matahari. Ternyata cuma kebun warga setempat yang budidaya bunga hias. Eh kebetulan ada spot foto gemes hahaha Tak pernah i melewatkan kesempatan berfoto. Semoga kalian suka tipe artikel begini deh ya. Mungkin nanti aku bikin lagi versi Bali. Terima kasih sudah mampir ke blog aku.



Love always, Diras.
Fashion, beauty & lifestyle influencer.

inquiries : itsdiras@gmail.com
instagram : @itsdiras






No comments:

Post a Comment

Large Rainbow Pointer